6 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Dan Usaha

6 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Dan Usaha|Mengetahui faktor penyebab kenapa di sebuah perusahaan atau pelaku UKM mengalami kegagalan dalam bisnis dan usaha adalah tolak ukur untuk melakukan atau berbuat yang lebih baik lagi pada proses berikutnya.

Bagi setiap para pelaku bisnis yang memiliki pengalaman panjang, seperti mereka sudah bukan hal yang baru lagi menemui titik terpuruk atau setidaknya pernah mengalami kegagalan.

Namun hingga pada akhirnya mereka tetap mampu bertahan dan bangkit hingga akhirnya yang sukses tentunya bukan lagi perkara yang mudah.

Banyak yang perlu di evaluasi ataau harus diperbaiki untuk menata kembali struktur usaha dan bisnis hingga pada tingkat mendekati sempurna.

 

Alasan Paling umum yang menjadi faktor kegagalan menjalankan bisnis dan usaha

Saya merangkum dalam 6 faktor penyebeb atau pemicu kenapa perjalanan bisnis dan usaha Anda bisa berakhir dengan kegagalan adalah disebabkan karena:

#1 Bisnis hanya sekedar mencoba-coba

perlu Anda ketahui ini bukanlah permainan judi dan bertaruh yang biasa setiap yang baru mau buka bisnis atau usaha dilakukan atas dasar coba-coba keberuntungan semata.

Menjalankan Bisnis dan usaha adalah sebuah perkerjaan atau tugas berat yang Anda harus tata dengan rapi segala sarana dan prasarananya agar bisa terorganisir dengan jelas serta memiliki tujuan yang pasti yaitu keberhasilan dan penghasilan.

Di Zaman sekarang banyak sekali orang memulai bisnis dan usahanya dengan niat untuk mencoba-coba siapa tau beruntung.

Memang tidak menutup kemungkinan peluang keberhasilan tetap ada, tapi sudah tentu target serta hasil final yang Anda peroleh akan berbeda dengan yang sudah memiliki perencanaan dengan matang sebelumnya.

#2 Tidak menguasai bidang bisnis dan usaha yang dipilih

Ingat Apapun jenis bisnis dan usaha yang di pilih, akan lebih baik dan mudah dijalankan bila kita memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Meskipun bukan keahlian yang profesional, setidaknya Anda pernah mengetahui tentang seluk beluk bisnis dan usaha yang Anda mau jalankan.

Minimal Anda pernah bekerja dengan orang lain dalam bentuk bisnis dan usaha yang sama, akan memberikan pengalaman yang lebih spesifik serta memiliki bekal kemampuan yang bisa untuk membuat perencanaan dan perhitungannya.

Sebagai contoh ingin memulai sebuah usaha kuliner dan kita perna bekerja disebuah restoran, maka tidak akan sulit biala dibandingkan kita sebelumnya adalah mantan pekerja bengkel.

#3 Menjalankan bisnis dan usaha sekedar mengikuti trend

Hal ini juga bisa berdampak akan lebih parah dan banyak sekali mereka yang gagal berbisnis dan usaha hanya karena memiliki jalur trending semata.

Memang modal bisnis dan usaha yang mengikutin trending terkadang tampak sangat menggiurkan dengan harga booming yang kadang tidak sangat masuk akal.

Akan tetapi lebih sering jenis usaha seperti ini tidak akan mampu bertahan dalam rentang waktu yang lama.

Sangat tidak cocok untuk melakukan investasi dengan memilih peluang usaha seperti ini karena akan sangat beresilo besar jika kita tidak cermat dalam mengamati situasi dan kondisi.

masih ingat di tahun-tahun belakang kemarin jamannya trending usaha yang cukup membuat masyarakat tercengang dan melihat nilai uang yang seperti tidak masuk akal yaitu:

  • Jaman populernya bunga gelombang cinta
  • Trending booming batu akik
  • Berburu tokek harga ratusan juta.

Dari ketiga jenis bisnis tersebut seolah2 hanya tampak seperti permainan orang yang sudah memiliki banyak uang.

Sehingga dengan cepat mempengaruhi masyarakat yang sebelumnya tidak mengerti apa-apa kemudian mencoba melakukan investasi dalam bidang ini kemudian saat tiba masa surut, mereka hanya memperoleh kehancuran yang luar biasa.

kalau Anda mau tau setidaknya Anda pahami dahulu tentang bentuk investasi jangka pendek atau jangka panjang apa yang lebih masuk akal dari pada hanya sekedar mengikuti trending semata.

 

#4 Melakukan kerjasama dengan orang atau rekan yang salah

Berikut ini ialah yang bisa menjadi pemicu atau salah faktur penyabab kegagalan yang biasa di alami dalam berbisnis atau usaha ialah melakukan suatu bentuk kerja sama dengan orang atau rekan yang salah.

Ketika kita berperan sebagai orang yang memiliki modal bisnis atau usaha lalu ingin membentuk sebuah team atau parner bisnis atau usaha maka cermati dan analisa lebih duluh mengenai record orang atau rekan tersebut sebelum ambil keputusan untuk bekerja sama.

Dan ingat pastikan ia adalah personal yang sudah memiliki pengalaman atau jengjang karir minimal pernah dalam bidang bisnis atau usaha tersebut.

Anda harus ingat juga jangan mengambil keputusan berdasarkan kata orang atau pun mudah percaya dengan bujuk rayu rekan bisnis dimana ia sendiri belum memiliki skill keahlian mumpuni yang tampak dengan mata kepala Anda sendiri.

 

#5 Jangan sepenuhnya fokus denagan bisnis atau usaha yang di pilih

Konsisten dan tekun adalah faktor yang sangat penting yang dapat mendukung keberhasilan dalam menjalani sebuah bisnis dan usaha.

Dengan hati yang tulus dan sikap rajin tanpa merasa bimbang akan pilihannya, maka Anda suda dapat memberikan banyak waktu untuk mendalami segala aspek yang berhubungan dengan bisnis dan usaha tersebut.

Minimal akan lebih dengan mudah dan cepat memahami apa kekurangan serta kelebihannya.

 

#6 berakhir dengan menyerah dan takut untuk mengulanginya.

Ini lah faktor penyebab kegagalan dalam bisnis dan usaha yang terakhir ialah sikap untuk mudah menyerah dan ke putus asa’an.

Sebenarnya pepatah tidak akan pernah salah bahwasanya kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda.

Artinya dengan berbekal pengalaman kegagalan,setidaknya kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab gagal dalam bisnis dan usaha bekal evaluasi menuju proses bangkit selanjutnya.

Seperti halnya memulai bisnis online untuk pemula, tidak jarang mereka jatuh bangun dengan berbagai alasan dan tidak mudah menyerah, maka dari itu sudah banyak pula yang mencapai sukses mendapat uang dari internet hingga ratusan juta dengan cara yang sederhana.